PENDIDIKAN JARAK JAUH ER COVID-19 KUN HUMANITY SYSTEM+

Dalam laporannya, PBB mengatakan bahwa pandemi COVID-19 telah menjadi disrupsi terbesar terhadap sistem pendidikan di seluruh dunia sepanjang sejarah, dengan hampir 1,6 miliar pelajar di lebih dari 190 negara terkena dampaknya. Penutupan sekolah berdampak terhadap 94% populasi pelajar di seluruh dunia—99% di antaranya berasal dari negara berpendapatan menengah ke bawah. Sekitar 23,8 juta anak-anak dan remaja keluar dari sekolah atau tak punya akses ke sekolah karena dampak ekonomi COVID-19 saja. Pandemi Covid-19 telah membuat sekolah-sekolah berbulan-bulan tak menggelar kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka, kondisi ini mengkhawatirkan akan memicu munculnya bencana generasi. Saat ini kita menghadapi bencana generasi yang dapat menyia-nyiakan potensi manusia yang tak terhingga, melemahkan progres puluhan tahun, dan memperburuk ketimpangan yang sudah mengakar.

Awal Agustus 2020, PBB telah meluncurkan kampanye “Save Our Future” yang menekankan pada keamanan para pelajar dan inklusivitas bagi kelompok-kelompok terpinggirkan. “Save Our Future” bertujuan untuk mendorong pemerintah di seluruh dunia untuk memahami bahwa investasi di sistem pendidikan termasuk dalam aspek yang krusial dalam pemulihan pascapandemi.

Selain sektor kesehatan dan sektor lainnya, sektor pendidikan juga sangat membutuhkan sinergisitas dari berbagai pihak untuk menyelamatkan generasi dari ancaman keteringgalan. Mitigasi terhadap risiko penularan COVID-19 mesti direncanakan secara matang. Program pendidikan mesti adaptif terhadap krisis dan siap siaga terhadap bencana. Meskipun akses pada teknologi informasi dan komunikasi seperti hanndphone, laptop/komputer, internet dan lainnya sebagai syarat pembelajaran bagi peserta didik terbatas bahkan tidak bisa menjangkau teruama didaerah-daerah yang aksesnya terbatas, namun harus terus berupaya mencari solusi-solusi yang paling memungkinkan untuk terus mengupayakan anak-anak bisa terus belajar ditengah pandemi COVID-19.

Pemerintah telah berusaha dengan mengeluarkan kebijakan-kebijakan disketor pendidikan agar pendidikan tetap berjalan dengan mengadopsi berbagai metode yang mengedepankan keamanan dan kesehatan peserta didik. Namun semua itu tidak akan maksimal tanpa dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak, baik Lembaga Non Pemerintah, swasta dan masyarakat luas untuk bersama-sama memitigasi ancaman generasi.

Sebagai bagian dari berbagai keprihatinan itulah, Radio ER COVID-19 memberi ruang pada sektor pendidikan dengan bekerja sama dengan sekolah-sekolah Dasar disekitar stasiun Radio DaruratCOVID-19 untuk melaksanakan pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Berbasis radio penyiaran. Karena keterbatasan, masih banyak yang belum terfasilitasi untuk PJJ berbasis Radio disekitar stasiun Radio ER COVID-19 untuk terutama ditingkat SMP, SMA dan sederajat. Namun demikian, kolaborasi dan kerjasama dengan semua pihak kiranya dapat mencari solusi-solusi bersama atas masalah ini untuk menyelamtkan generasi kita.

ER COVID-19
KUN Humanity System+


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jadwal PJJ ER Covid-19 Kulawi

Jadwal PJJ ER-Covid 19 Kulawi

Request, Umpan Balik, Usul, Saran:

Join Group Channel Telegram:

Radio Streaming

Web4Radio Player